0

Fungsi Manajemen dalam Organisasi

Posted by sutan wijaya in

Organisasi adalah sebuah unit sosial yang dikoordinasi secara sadar, terdiri atas dua orang atau lebih dan berfungsi dalam suatu dasar yang relatif terus-menerus guna mencapai satu atau serangkaian tujuan bersama (Robbins dan Judge, 2008:5). Dalam sebuah organisasi, terdapat posisi yang sangat memegang peranan penting. Posisi itu biasa kita sebut dengan sebutan manajer atau dalam bahasa inggris disebut dengan manager. Lalu siapakah sebenarnya manajer atau manager ini? Menurut Robbins dan Judge (2008:5) manager adalah individu yang mencapai tujuan melalui orang lain.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang manajer harus memenuhi beberapa fungsi dalam management. Fungsi management itu sendiri terdiri atas empat unsur (Robbins dan Judge, 2008:5-6). Yaitu:

PERENCANAAN (planning)
Adalah proses yang meliputi pendefenisian tujuan suatu organisasi, penentuan strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan tersebut, dan pengembangan serangkaian rencana komperehensif untuk menggabung dan mengoordinasikan berbagai aktivitas.

PENGORGANISASIAN (organizing)
Adalah proses yang meliputi penentuan tugas yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakan tugas tersebut, bagaimana tugas tersebut dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan dimana keputusan-keputusan dibuat.

KEPEMIMPINAN (leading)
Adalah proses yang mencakup pemberian motivasi karyawan, pengaturan orang, pemilihan saluran komunikasi yang paling efektif, dan penyelesaian konflik.

PENGENDALIAN (controlling)
Memantau aktifitas untuk memastikan aktifitas tersebut diselesaikan seperti yang telah direncanakan dan membetulkan penyimpangan-penyimpangan yang signifikan.
“Robbins, S.P. dan Judge, T.A., 2008, Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.”


0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Just sutanwijaya All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.